pelan tapi pasti

Posts tagged ‘Bikers’

Sedikit Tips Mudik dari TL

Sedulur sekalian..Lebaran sebentar lagi,tinggal menghitung hari yang bisa dihitung dengan jari.Sejauh ini sudah banyak kita jumpai kendaraan bermotor dengan plat luar kota.Pembatas jalan dadakan,serta posko mudik sudah menjadi konsumsi mata kita belakangan ini.

Seiring bertambah padatnya kendaraan yang mengisi ruas jalan,angka kecelakaan pun kian meningkat.Akan ada banyak pembalap dadakan. Sangat disayangkan memang,khayalan indah untuk berkumpul bersama keluarga di hari raya harus kandas ditengah jalan,berbaring di rumah sakit,bahkan tak sempat merayakan hari raya akibat keduluan dipanggil Tuhan..

Mudik sebagai sebuah agenda tahunan,memang harus dipersiapkan dengan matang dan sebaik mungkin. Berikut sedikit tips dari TL bagi sedulur sekalian yang hendak mudik,khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua:

  • Apabila memungkinkan,mudiklah lebih awal..
    Mudik lebih awal,sebelum H-5 ruas jalan masih belum menunjukkan kepadatan yang signifikan.Secara tidak langsung , resiko kecelakaan bisa ditekan. Namun masalahnya,semua kembali tergantung terhadap kebijakan tempat kita bekerja mengenai ketetapan hari libur
  • Ikuti mudik bareng ATPM
    Kita cukup perlu mendaftarkan diri,ikuti prosedurnya,motor diangkut truk,dan kita naik bis.Relatif lebih aman dan menghemat tenaga
  • Beristirahat setiap 2 jam sekali
    Berkendara menempuh jarak ratusan kilometer,apabila dipaksakan tanpa jeda istirahat tentunya sangat beresiko.Selain menguras tenaga,resiko kecelakaan pun kian mengancam akibat stamina menurun.Untuk itu,beristirahatlah sekitar 1 jam setiap menempuh perjalanan 2 jam…
  • Mudiklah bersama Teman
    bersama pasti lebih menyenangkan.Perjalan jauh tentunya penuh resiko.Dan disepanjang jalan kita tak punya kenalan sama sekali apabila terjadi sesuatu terhadap kita.Nah untuk itu,mudik bersama sama dengan beberapa motor tentu akan membuat pikiran menjadi sedikit tenang 🙂
  • Pastikan  kondisi tubuh dalam keadaan 100% fit dan kendaraan dalam kondisi prima
    Yakinkan bahwa tubuh dan kendaraan dalam kondisi terbaik,karena ritual mudik akan amat sangat menguras stamina dan mengharuskan performa maksimal dari kendaraan kita

Demikian beberapa tips mudik yang bisa TL sampaikan,silakan apabila ada yang hendak menambahkan

Jadikan mudik sebagai perjalanan yang menyenangkan 🙂

Semoga bermanfaat

Selamat Mudik ,semoga selamat sampai tujuan 🙂

Iklan

Periksa Pakaianmu

Sedulur sekalian..saat melintasi jembatan di daerah Bancar,Purbalingga TL melihat penampakkan unik seperti ini :

Yup..tanpa disadari,baju Ibu Ibu yang membonceng ternyata menutupi posisi lampu belakang.Ini jelas berbahaya,karena isyarat apapun yang berasal dari lampu belakang entah itu lampu rem ataupun sein tak akan diketahui oleh pengguna jalan dibelakangnya. Jadi,periksa pakaianmu 😉

monggo dikomentari
selamat berpuasa 🙂

salam TL

Modif Jupiter MX agar mudah diservis

Jupiter MX model lawas memang terkenal merepotkan saat diservis,karena ada [kalo ga salah]32 baut yang digunakan untuk mengaitkan fairing ke motor. Mungkin motor berikut bisa menginspirasi anda para pemilik Jupi MX lama agar motornya bisa diservis lebih cepat :mrgreen:

^Bebek full fairing ini bertransformasi menjadi bebek half fairing :mrgreen:
selain memudahkan saat diservis,juga membantu proses pendinginan mesin 😀

monggo dikomentari

selamat berpuasa 🙂

salam

Standar tengah motor

Sebagian dari kita mungkin lebih banyak menggunakan standar samping ketika parkir kendaraan. Selain praktis juga lebih menghemat tenaga daripada susah payah mengangkat standar tengah :mrgreen: . Hingga pada akhirnya standar tengah hanya menjadi pernik pelengkap yang jarang tersentuh….

Tapi sebenarnya,pabrikan melengkapi motor dengan standar tengah bukan tanpa kegunaan.Dan seharusnya kita syukuri,karena moge moge yang berharga mahal tak dipersenjatai dengan fitur ini :mrgreen:

➡ Berikut beberapa keuntungan men-standar tengah motor versi TL :

  • Saat diparkir dalam keadaan tegak,maka pasokan bahan bakar yang menuju karburator lebih stabil
  • Mengurangi resiko motor roboh akibat bidang parkir yang amblas karena beban dibagi kepada 2 sisi standar
  • Dalam jangka panjang,motor yang lebih sering distandar tengah,rangkanya lebih center dibanding motor yang selalu distandar samping
  • Melatih kekuatan otot tangan :mrgreen:

Nah..dari beberapa keuntungan diatas,mari kita mulai memfungsikan kembali standar tengah motor kita khususnya ketika motor diparkir dalam jangka waktu yang cukup lama.Terlihat ribet memang,tapi kalo sudah menjadi kebiasaan pasti nyaman nyaman aja kok. yakin deeh 😉

monggo dikomentari

Selamat berpuasa 🙂

salam

Efek Trend Helm di Kalangan Pelajar

Bagi kalangan pelajar,tampil modis dan selalu up to date adalah sebuah keharusan kalo ga mau dibilang kuper,ora gawul,dll :mrgreen: .Termasuk dalam hal pelindung kepala alias helm…berbagai merk dan motif helm silih berganti menjadi gaya hidup bagi para pelajar. Sebut saja di kota tempat  TL tinggal , Purwokerto..Helm  BMC Sun City,GM evolution,sampai INK centro,merupakan contoh helm yang pernah dan tengah digandrungi para pelajar 😉

^ INK Centro,model yang lagi IN ..biasanya dipake cewe dengan dominasi warna ungu sama hitam.lazim disebut INK Telor  :mrgreen:

Nah…segala sesuatu pasti memiliki sisi positif serta negatif,termasuk dalam trend helm di kalangan pelajar..

➡  berikut efek dari tren helm menurut TL :

  • so pasti…sesuai tujuan awalnya,terlihat modis dan gawul :mrgreen:
  • secara tidak langsung ikut melengkapi safety gearnya,walaupun kadang motif awalnya sekedar ikut-ikutan 😀
  • pada dasarnya,suatu trend hanyalah berlangsung sementara.dan konsekwensi mengikuti trend salah satunya adalah bersiap mengeluarkan anggaran lebih untuk sebuah helm yang sebenarnya tak perlu sering ganti ganti terkecuali memang diharuskan untuk mengganti helm demi keselamatan 🙂

Dan satu hal lagi,mohon dengan sangat untuk tidak menyelewengkan uang bayaran sekolah demi membeli helm baru [TL udah sering dapet curhatan anak2 yang kebingungan bayar spp gara gara uangnya dipake beli helm] 👿

 

monggo di komentari,

salam 😉

Kena tilang [lagi]

Berselang sekitar seminggu dari tilangan sebelumnya ,kemarin tanggal 1 juni 2011 TL kembali kena tilang… :mrgreen:

dua bulan berturut-turut dengan tarif tilang berbeda,pelanggaran berbeda,juga boncenger yang berbeda :mrgreen:

kali ini terjadi sepulang dari menjemput boncenger yg ikut SNMPTN di kawasan jalan gatot subroto Purwokerto.TL yang ‘bertugas’ menjemput yang bersangkutan,mendapati sang boncenger yang ternyata tidak membawa helm. Nah ternyata helmnya ketinggalan di mobil Omnya dia waktu nganter pas berangkatnya tadi. Dengan perasaan was-was dan berdo’a, TL mengencangkan ikat pinggang memboncengkan boncenger tak berhelm itu tadi menuju ke kantor Omnya sekitar 200m dari lokasi test.

Priiiiiiiiiiiiiiittttttttttttt :mrgreen:

sesampainya didepan kantornya si Om,TL niatnya mau nyebrang jalan. Nah….pas lagi ditengah-tengah jalan,eeeh dijejerin sama Pak Pulisi :mrgreen: . Dan seperti biasa,kronologisnya ga jauh beda sama pas kena tilang kemaren :mrgreen: . Cuman sayangnya,negosiasi mentok di angka 30rb.. Kata Mas Bondan “Ya… Sudahlah” :mrgreen:

 

monggo dishare komentarnyah…

salam dari TL :*

Kena Tilang

Prologue

Jadi begini ceritanya… Pada hari minggu ku turut ayah ke kota kemaren,TL bersama gf-nya TL berencana mau ‘touring berdua’ :mrgreen: ke kota sebelah,Purbalingga. Sekedar untuk melepas kepenatan sekaligus menikmati akhir pekan 😀

Belok kiri jalan terus ikuti rambu lalu lintas

Start dari Purwokerto pukul 10 pagi dengan mengambil rute terdekat.yaitu jalur sokaraja. Semuanya berjalan dengan amat sangat mulus pada awalnya :mrgreen: sampai pada sebuah lampu merah di kawasan sokaraja tengah. Pada jarak sekitar 2 meter mendekati persimpangan,lampu lalin warna merah menyala. Dengan perkiraan bisa menghemat waktu sekitar 2 menitan,TL mempercepat laju kendaraan dibarengi hujaman cubitan dari sang boncenger :mrgreen: yang meminta berhenti . Di saat yang  bersamaan ada seorang pengendara HSX 125 tengah menikung cukup kencang padahal sudah jelas saatnya berhenti. Nah,merasa punya ‘teladan’ TL semakin nekat. Namun sialnya,baru beberapa meter melewati garis zebra cross terdengar bunyi peluit panjang dari wasit Pak Polisi :mrgreen:

Sayangnya bukan Briptu Norman Kamaru :mrgreen:

Singkat cerita, Pak Polisi menyuruh kami berdua untuk masuk ke pos polisi. TL sendiri berusaha untuk tetap tenang juga menenangkan yang sedang kepanikan :mrgreen: .  Dalam hati TL sempet mikir,kenapa yang nilang polisi yang ini.kenapa bukan Briptu Norman aja. Lumayan kan kalo diputerin lagu india bisa joged joged :mrgreen:

dialog :

Triknya TL kalo lagi kena tilang,selalu pasang muka memelas.emang ga selalu bisa lolos,tapi minimal pasti  ada ‘diskon’ tilangan :mrgreen:

untuk mempersingkat maka dibuat singkatan : TL : saya     Mr.P : Pak Polisi :mrgreen:

Mr. P : Silakan duduk.

TL: Iya Pak (masang muka sedih)

Mr. P : Mas tau ga,kenapa kamu saya tilang?

TL: saya tau pak..tadi melanggar lalin,harusnya berhenti malah aku belok pak..

Mr. P :  Begini ya mas. masnya kan tau,bisa baca ada tulisan kalo disini belok kiri itu  harus berhenti.kenapa masnya tetep jalan terus?

TL: Namanya juga TIKUNGAN LURUS pak,jadi jalan terus :mrgreen: kan gini pak..kita lagi nguber waktu buat nyampe ke purbalingga.niatnya mau pulang buat ngambil uang buat registrasi kuliah.nah registrasinya itu paling lambat ntar pak jam 12 siang [mengarang bebas :mrgreen: ]

Mr. P : apapun alasannya,kamu udah melanggar lalu lintas. belok kiri pas harusnya berhenti.itu dapat membahayakan orang lain juga kamu sendiri. Untuk itu,stnk-nya saya tahan dan silakan diambil pas sidang tanggal 9 juni besok.tapi kalo ga mau repot-repot,nanti kamu saya bantu dengan nitip uang tilang.nah,untuk pelanggaran ini dendanya 50 ribu [ mulai deh ngomongin duit 👿 ]

TL: maaf pak…tapi saya ga ada uang sebanyak itu..

Mr. P : ya sudah.saya buatkan surat sidang saja ya?

TL: yah pak polisi…jangan sidang si pak…pak polisi ganteng deh 😀

Mr. P : Oooooo tidak bisaa :mrgreen:ga bisa mas! kalo kamu mau tawar menawar silakan di pengadilan besok!

TL: tolong lah pak…kasih keringanan,ntar biar bisa saya nitip gitu…

Mr. P : ya sudah,saya ringankan jadi 40rb aja.

TL: segitu masih keberatan lah pak…

sempat beberapa kali negosiasi dari 40rb/sidang,sampai 30 rb/sidang .lalu dealnya gini:

Mr. P : emang  kamu ada uang berapa?

TL:cuma ada 10rb pak…ini juga niatnya buat beli bensin,soalnya bensinnya udah mau abis. lagian apa bapaknya tega ngliat cewe mbantuin ndorong motor ke pom panas terik gini?  [yakin deh,kalo laki-laki normal pasti punya perasaan ]

Mr. P : 10rb ya ga bisa buat nitip! coba kamu negosiasi dulu tuh sama yang bonceng kamu itu.

TL: ini pak…cuma ada 20rb,adanya cuma ini pak. T.T

Mr. P : ya sudah,sekarang saya bantu kamu.tapi lain kali kalo diulang,saya akan lebih tegas.

TL: iya pak.. makasih banyak pak..pak polisi baik deh..unyu unyu unyu :mrgreen:

Sekali lagi,uang melayang tanpa bekas :mrgreen:

Damai itu Rp 20.000

Entah karena apa,tapi memang denda tilangan yang pernah TL bayar selalu berkisar diangka 20rb rupiah.. :mrgreen:

dan berikut ini,muka muka orang yang abis kena tilang :mrgreen:

Dan pelajaran yang bisa TL ambil kali ini adalah jadilah orang sabar :mrgreen: . Apalah artinya berhenti sejenak sembari meregangkan pergelangan tangan ,daripada kehilangan 4liter premium :mrgreen:

Monggo dikomentari,

salam TL :mrgreen:

➡ mohon maaf apabila ada pihak pihak yang merasa tersinggung dengan isi postingan ini.